Rabu, 27 Oktober 2010

berat molekul, berat molekul suatu zat dinyatakan dalam satuan massa atom (Amu). Berat molekul dapat dihitung dari rumus molekul zat tersebut; itu adalah jumlah dari berat atom dari atom yang membentuk molekul. Sebagai contoh, air memiliki rumus molekul H2O, menunjukkan bahwa ada dua atom hidrogen dan satu atom oksigen dalam molekul air. Dibulatkan sampai tiga tempat desimal, berat atom hidrogen adalah 1,008 Amu dan oksigen adalah 15,999 Amu. Berat molekul air dengan demikian (2 × 1,008) (1 × 15,999) = 2,016 15,999 = 18,015 Amu. Karena berat atom adalah nilai-nilai rata-rata, berat molekul juga nilai rata-rata. Rata-rata, sebuah molekul air biasa berat 18,015 Amu. Baik hidrogen dan oksigen yang terdiri dari beberapa isotop. Salah satu isotop hidrogen deuterium, atau hidrogen berat. Atom deuterium sekitar dua kali lebih besar dari rata-rata untuk semua atom hidrogen dalam air biasa. Oleh karena itu air yang mengandung atom hanya deuterium, disebut air berat, memiliki berat molekul yang lebih tinggi daripada air biasa. Beberapa zat, terutama senyawa ion seperti garam dapur, tidak terdiri dari molekul dan dengan demikian tidak memiliki rumus molekul atau berat molekul.

Berat molekul zat dapat ditentukan secara eksperimental dalam berbagai cara, metode yang digunakan biasanya tergantung pada keadaan (padat, cair, atau gas) dari substansi. Metode untuk menentukan berat molekul zat gas didasarkan pada hukum Avogadro, yang menyatakan bahwa dalam kondisi tertentu suhu dan tekanan volume tertentu gas pun mengandung sejumlah tertentu molekul gas, sehingga perbandingan bobot volume yang sama gas yang berbeda dalam kondisi yang sama suhu dan tekanan setara dengan perbandingan langsung dari bobot dari molekul gas. Bobot molekul zat-zat yang tidak biasanya gas dan tidak menguap tanpa dekomposisi kadang-kadang ditentukan dari pengaruhnya terhadap titik lebur, titik didih, tekanan uap, atau tekanan osmotik dari beberapa pelarut (lihat Properti colligative). Namun, jika zat tersebut mengionisasi atau tidak benar-benar terpisah menjadi molekul, berat molekul sehingga akan ditentukan salah. Sangat berat molekul akurat kadang-kadang ditentukan dengan menggunakan spektrograf massa.

Beberapa zat, misalnya, protein, virus, dan polimer sintetik tertentu, memiliki berat molekul yang sangat tinggi. Berat molekul ini dapat ditentukan dengan pengukuran laju sedimentasi di ultracentrifuge, oleh fotometri cahaya-hamburan, atau menggunakan metode lainnya. Metode dapat memberikan hasil yang berbeda, karena biasanya molekul zat seperti polimer tidak semua memiliki berat molekul persis sama. Metode ini menentukan berat molekul rata-rata untuk molekul-molekul dalam sampel. Berat molekul nomor-rata ditentukan dengan metode ultracentrifuge memberikan nilai yang sama dengan berat sampel dibagi dengan jumlah molekul dalam sampel. Berat molekul ini nomor-rata juga dapat ditentukan dengan metode lainnya berdasarkan pengukuran sifat colligative. Metode cahaya hamburan menentukan apa yang disebut berat molekul berat rata-rata. Meskipun hal ini mungkin menjadi nilai sama dengan berat molekul rata-rata jumlah jika semua molekul telah hampir berat yang sama, maka akan lebih tinggi jika beberapa dari molekul lebih berat daripada yang lain.


http://www.answers.com/topic/molecular-mass

Tidak ada komentar:

Posting Komentar