Rabu, 03 November 2010

Kepadatan massa atau kepadatan material didefinisikan sebagai massa per satuan volume. Simbol yang paling sering digunakan untuk kerapatan adalah ρ (rho huruf Yunani itu). Dalam beberapa kasus (misalnya, di Amerika Serikat minyak dan gas), kepadatan juga didefinisikan sebagai berat per satuan volume; [1] walaupun jumlah ini lebih tepat disebut berat tertentu. Bahan yang berbeda biasanya memiliki kerapatan yang berbeda, sehingga kepadatan merupakan konsep penting tentang daya apung, kemurnian dan kemasan. Osmium adalah substansi yang dikenal terpadat pada kondisi standar untuk suhu dan tekanan. Kepadatan dapat digunakan dalam segala macam bahan kimia yang diuji.
Kepadatan memainkan peran penting dalam benda atau daya apung apakah cairan. Kurang cairan padat mengapung di cairan padat lebih jika cairan tidak campuran. Konsep ini dapat diperpanjang, dengan beberapa perawatan, untuk padat padat kurang mengambang pada cairan yang lebih padat. Jika kerapatan rata-rata (termasuk udara di bawah permukaan air) dari objek kurang dari air (1,0 g per mL) itu akan mengapung dalam air dan jika lebih dari air itu akan tenggelam dalam air. Dalam beberapa kasus adalah densitas dinyatakan sebagai jumlah berdimensi berat jenis (SG) atau kepadatan relatif (RD), dalam hal ini dinyatakan dalam kelipatan kepadatan dari beberapa bahan standar lainnya, biasanya air atau udara / gas. (Misalnya, berat jenis kurang dari satu berarti bahwa substansi mengapung dalam air.)
Kepadatan massa material bervariasi dengan suhu dan tekanan. (Varians ini biasanya kecil untuk padatan dan cairan dan jauh lebih besar untuk gas.) Peningkatan tekanan pada objek akan menurunkan volume objek dan karenanya meningkatkan densitas. Peningkatan suhu suatu zat (dengan beberapa pengecualian) menurunkan berat dengan meningkatkan volume zat yang. Dalam bahan yang paling, pemanasan bagian bawah hasil cairan dalam konveksi panas dari bawah ke atas akibat cairan dengan penurunan kepadatan cairan dipanaskan. Hal ini menyebabkan ia naik relatif terhadap material dipanaskan lebih padat.
Kebalikan dari kepadatan suatu zat disebut volume spesifik, sebuah representasi umum digunakan dalam termodinamika. Kepadatan adalah properti intensif dalam meningkatkan jumlah zat tidak meningkatkan densitas, melainkan meningkatkan itu massa.



http://en.wikipedia.org/wiki/Density

1 komentar: